RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Format RPP mengikuti Permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses dan Permendikbud No. 24 Tahun 2016 tentang KI/KD

Nama satuan pendidikan     : SMA Negri 4 Jakarta
Mata Pelajaran                      : Bahasa Inggris Peminatan
Kelas/semester                       : X/1
Materi pokok                         : Chapter 2 – Keharusan (should/ shouldn’t)
Program                                 : BAHASA
Alokasi waktu                        : 6 x 45 menit

Keharusan (should/shouldn’t)

Kompetensi Inti
KI 1    :           Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.

KI 2    :           Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

KI 3    :           Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

KI 4    :           Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

Kompetensi Dasar (KD)
Indikator
1.1              Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional.

1.1.1      Hadir pada setiap pembelajaran Bahasa inggris.

1.1.2        Menggunakan bahasa inggris pada setiap kesempatan.
2.1              Menunjukkan perilaku santun dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.

2.2              Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.

2.3  Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerja sama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.


2.1.1        Bersikap santun dengan menyapa  dan berpamitan guru dan teman dengan menggunakan bahasa Inggris yang berterima.




2.2.1   Menjawab pertanyaan guru dan teman   dengan jujur.

2.2.2   Menyerahkan tugas tepat waktu.





2.3.1  Aktif dalam mengerjakan tugas kelompok yang diberikan.

2.3.2   Menghargai pendapat/ide teman dalam tugas kelompok.
KD 3.2
Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan pada waktu yang akan datang, saat ini, atau waktu lampau, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan should+(simple), should+(continuous), should+(perfect))


3.2.1     Menyimak dan menirukan beberapa contoh percakapan  ungkapan dan respon teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan pada waktu yang akan datang, saat ini, atau waktu lampau, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan should+(simple), should+(continuous), should+(perfect))yang diperagakan guru/rekaman, dengan ucapan dan tekanan kata yang benar.

3.2.2     Menjawab soal bentuk pilihan ganda untuk mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan pada waktu yang akan datang, saat ini, atau waktu lampau, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan should+(simple), should+(continuous), should+(perfect))


3.2.1     Menemukan perbedaan dari beberapa ungkapan dan respon dari interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan pada waktu yang akan datang, saat ini, atau waktu lampau, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan should+(simple), should+(continuous), should+(perfect)) dengan melengkapi tabel analisis yang disediakan oleh guru.

KD 4.2
menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan pada waktu yang akan datang, saat ini, atau waktu lampau, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

4.2.1 Membuat kerangka teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan pada waktu yang akan datang, saat ini, atau waktu lampau, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan should+(simple), should+(continuous), should+(perfect))

4.2.2 Menulis ungkapan ekspresi beserta respon dalam bentuk  dialog interaksi transaksional yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan pada waktu yang akan datang, saat ini, atau waktu lampau, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan should+(simple), should+(continuous), should+(perfect))

4.2.3 Menulis ungkapan ekspresi beserta respon dari interaksi transaksional dalam bentuk surat yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan pada waktu yang akan datang, saat ini, atau waktu lampau, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan should+(simple), should+(continuous), should+(perfect))



Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran tentang keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan peserta didik diharapkan dapat:
         Melengkapi jawaban soal esai untuk mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa ungkapan dan respon teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan pada waktu yang akan datang, saat ini, atau waktu lampau, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan should+(simple), should+(continuous), should+(perfect)) ,  yang disediakan oleh guru.
         Membuat kerangka teks ungkapan ekspresi dan respon dari interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan pada waktu yang akan datang, saat ini, atau waktu lampau, sesuai dengan konteks penggunaannya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks.
         Menulis dialog dan bentuk surat dalam interaksi transaksional  yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan pada waktu yang akan datang, saat ini, atau waktu lampau, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan should+(simple), should+(continuous), should+(perfect)), dengan memerhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks untuk kemudian ditempel di dinding kelas atau padlet
         Mempresentasikan hasil analisis tentang perbedaan dari beberapa teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan pada waktu yang akan datang, saat ini, atau waktu lampau, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan should+(simple), should+(continuous), should+(perfect) yang sedang dipelajari secara lisan, dengan ucapan dan tekanan kata yang benar
secara alami di dalam dan di luar kelas secara percaya diri, peduli, kerjasama dan cinta damai, sehingga pada akhir pembelajaran siswa mendapat nilai diatas KKM yaitu 75 (pengetahuan, keterampilan dan sikap)

Materi Pembelajaran

Konsep
·   Fungsi sosial
Menyarankan, mengingatkan, menyampaikan himbauan, mentaati aturan, dsb.

Fakta
·   Struktur text
Dapat mencakup
-   Tindakan/peristiwa/ kegiatan.
-   Orang/benda yang terlibat.
-   Lingkup situasi.

(pada level kalimat)
-   Memberi informasi
-   meminta informasi

Prinsip
·   Unsur kebahasaan
-     Pernyataan dan pertanyaan terkait dengan keharusan yang menggunakan:
-     should+(simple), should+(continuous), should+(perfect))
-     Ucapan, tekanan kata, intonasi
-     Ejaan dan tanda baca
-     Tulisan tangan.

Prosedur
·   Topik
Perbuatan, kegiatan, dan tindakan di sekolah, rumah, dan sekitarnya dan yang relevan dengan kehidupan peserta didik sebagai remaja dan pelajar SMA, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku santun, gotong royong, peduli, jujur, disiplin, percaya diri, kerjasama, dan bertanggung jawab.

Metode pembelajaran:
Pendekatan                 :  Saintifik.
Model Pembelajaran   :  Think, Pair, and Share dan  Project Based Learning.
Metode                        :  Diskusi, Penugasan, dan Presentasi.

Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar

1.                  Media/alat, Bahan Pembelajaran
a.                Media LCD projector
b.               Laptop
c.                Bahan Tayang
d.               LKPD
e.                Padlet

2.                     Sumber Belajar:

a.       Kementerian Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris kelas. X peminatan Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 

b.      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Buku siswa Mata Pelajaran Bahasa Inggris kelas. X peminatan Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Buku teks pelajaran yang relevan


c.       Erlangga 2016. Buku Siswa edisi revisi Pathway to english untuk SMA/MA kelas X kurikulum 2013 yang disempurnakan kelompok peminatan

d.      Video PPT Should

e.       Photo

f.       Padlet
https://padlet.com/nurhasanahfaqih88/buark3mlda97



Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1
Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran.
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin.
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran dengan gerakan tarian “Should”: https://www.youtube.com/watch?v=uUh3NoO1evs



Aperpepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya.
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.

Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
v Apabila materi tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø  teks khusus dalam bentuk teks caption terkait gambar/foto/tabel/grafik/bagan.
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung.

Pemberian Acuan
v Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung.
v Pembagian kelompok belajar.
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

Kegiatan Inti ( 95 Menit )
1.      Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi ungkapan dan respon berkaitan  keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan pada waktu yang akan datang, saat ini, atau waktu lampau, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan should+(simple), should+(continuous), should+(perfect)dengan cara :
v Melihat     : Menayangkan foto yang relevan.
v Mengamati:Pemberian contoh-contoh materi ungkapan dan respon berkaitan  keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan.
v Menyimak :Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai ungkapan dan respon berkaitan  keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan melalui tayangan PPT.
2.      Data collection (pengumpulan data)
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan  yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian
Mengamati dengan seksama materi ungkapan dan respon berkaitan  keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
v Membaca sumber lain selain buku teks
Mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi ungkapan dan respon berkaitan  keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan yang sedang dipelajari.
v Tanya jawab dengan nara sumber
Mengajukan pertanyaan berkaitan dengan materi ungkapan dan respon berkaitan  keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.


3.      Data processing (pengolahan Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok dan dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v Berdiskusi tentang data dari materi ungkapan dan respon berkaitan  keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan
v Mengolah informasi dari materi ungkapan dan respon berkaitan  keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Saling tukar informasi tentang materi  ungkapan dan respon berkaitan  keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal dalam tabel mengenai materi ungkapan dan respon berkaitan  keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan
·         Fungsi sosial ungkapan dan respon berkaitan  keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan Struktur teks khusus dalam bentuk teks caption terkait gambar/foto/tabel/grafik/bagan.
·         Kesesuaian format penulisan/ penyampaian ungkapan dan respon berkaitan  keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan
·         Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam ungkapan dan respon berkaitan  keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan

.
4.      Verification (pembuktian)

Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber dengan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi ungkapan dan respon berkaitan  keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dalam tabel yang telah dikerjakan oleh peserta didik.

5.      Problem statemen (pertanyaan/identifikasi masalah)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·         Peserta didik diberi kesempatan untuk menjawab beberapa pertanyaan dari buku paket dan mencari jawabannya sebanyak mungkin yang berkaitan keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan melalui kegiatan pengamatan, peserta didik mendapatkan informasi.

6.      Generalization (menarik kesimpulan)
 COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
·         Siswa mempresentasikan jawaban berkaitan dengan keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan di depan kelas dan peserta didik lainnya memberi komentar pada jawaban yang telah mereka buat.


Kegiatan Penutup (15 Menit)
Peserta didik :
v  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran:
·         Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan yang baru dilakukan.
·         Mengerjakan evaluasi dalam bentuk pilihan ganda melalui kertas atau online.
v  menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk memuji dalam jurnal belajar (learning journal):
·         For all of you, thank you very much for your participation.  You did a good job today, I’m very happy with your performance. How about you, how do you feel to be in my class? Please write your feeling, your problem and your success during my class in your journal.
v  menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya:
·         Mengagendakan materi atau tugas produk unjuk kerja yang harus dipelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan
v Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas produk dengan benar diberi paraf untuk unjuk kerja pada materi pelajaran keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan
v Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.

Pertemuan 2
Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran.
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin.
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran dengan gerakan tarian “Should”: https://www.youtube.com/watch?v=uUh3NoO1evs

Aperpepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya.
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.

Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
v Apabila materi tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø  teks khusus dalam bentuk teks caption terkait gambar/foto/tabel/grafik/bagan.
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung.

Pemberian Acuan
v Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung.
v Pembagian kelompok belajar.
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

Kegiatan Inti ( 95 Menit )
1.      Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi ungkapan dan respon berkaitan  keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan pada waktu yang akan datang, saat ini, atau waktu lampau, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan should+(simple), should+(continuous), should+(perfect)dengan cara :
v Melihat     : Menayangkan foto yang relevan.
v Mengamati:Pemberian contoh-contoh materi ungkapan dan respon berkaitan  keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan.
v Menyimak :Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai ungkapan dan respon berkaitan  keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan melalui tayangan PPT.

2.      Data collection (pengumpulan data)
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan  yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian
Mengamati dengan seksama materi ungkapan dan respon berkaitan  keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
v Membaca sumber lain selain buku teks
Mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi ungkapan dan respon berkaitan  keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan yang sedang dipelajari.
v Tanya jawab dengan nara sumber
Mengajukan pertanyaan berkaitan dengan materi ungkapan dan respon berkaitan  keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.


3.      Data processing (pengolahan Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok dan dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v Berdiskusi tentang data dari materi ungkapan dan respon berkaitan  keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan
v Mengolah informasi dari materi ungkapan dan respon berkaitan  keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Saling tukar informasi tentang materi  ungkapan dan respon berkaitan  keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal dalam tabel mengenai materi ungkapan dan respon berkaitan  keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan
·         Fungsi sosial ungkapan dan respon berkaitan  keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan Struktur teks khusus dalam bentuk teks caption terkait gambar/foto/tabel/grafik/bagan.
·         Kesesuaian format penulisan/ penyampaian ungkapan dan respon berkaitan  keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan
·         Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan dalam ungkapan dan respon berkaitan  keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan
4.      Verification (pembuktian)

Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber dengan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi ungkapan dan respon berkaitan  keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dalam tabel yang telah dikerjakan oleh peserta didik.


7.      Problem statemen (pertanyaan/identifikasi masalah)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik diberi kesempatan untuk memilih sebuah situasi dari buku paketnya dan mengajukan sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan situasi yang di pilih dan melalui kegiatan pengamatan, peserta didik mendapatkan informasi tambahan untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan membuat dialog dan surat yang sudah di pilih.

8.      Generalization (menarik kesimpulan)
 COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
·         Siswa menggunakan ungkapan dan respon dalam bentuk dialog berkait keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan dalam konteks komunikasi yang wajar di dalam dan di luar kelas, dalam bentuk padlet (https://padlet.com/nurhasanahfaqih88/buark3mlda97) kertas  dengan memperhatikan fungsi sosial, ungkapan, dan unsur kebahasaan serta strategi yang benar dan sesuai dengan konteks.
v  Siswa mempresentasikan dialog dan surat terkait situasi yang sudah di pilih tersebut di depan kelas dan peserta didik lainnya memberi komentar pada dialog dan surat yang telah mereka buat.



Kegiatan Penutup (15 Menit)

Peserta didik :
v  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran:
·         Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan yang baru dilakukan.
·         Mengerjakan evaluasi dalam bentuk pilihan ganda melalui kertas atau online.

v  menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk memuji dalam jurnal belajar (learning journal):
·         For all of you, thank you very much for your participation.  You did a good job today, I’m very happy with your performance. How about you, how do you feel to be in my class? Please write your feeling, your problem and your success during my class in your journal.
v  menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya:
·         Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran teks khusus dalam bentuk teks caption terkait foto yang baru diselesaikan, dalam  padlet. https://padlet.com/nurhasanahfaqih88/buark3mlda97
·         Mengagendakan materi atau tugas produk unjuk kerja yang harus dipelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran ungkapan dan respon terkait keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan
v Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas produk dengan benar diberi paraf untuk unjuk kerja pada materi pelajaran ungkapan dan respon terkait keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan
v Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran ungkapan dan respon terkait keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.


Penilaian Diri (aspek kognitif/pengetahuan)
Jenis Penilaian       : Bentuk tes tertulis ( LKPD,  jurnal belajar)
Jenis Instrumen     : Pilihan Ganda

Penilaian Sejawat
Berupa komentar atau daftar cek

Program Tindak Lanjut
  1. Remedial
peserta didik yang belum mencapai KKM diberi tugas untuk mengamati  beberapa foto  dalam bentuk teks caption dan menganalisa kembali struktur teks dan unsur kebahasaan  teks caption. Akhirnya siswa melaksanakan  test remedial tentang unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk teks caption.

  1. Pengayaan
Bagi peserta didik yang telah mencapai target pembelajaran dan mempunyai nilai KKM atau lebih, diberi pengayaan berupa tugas mandiri untuk membuat teks caption dan mempresentasikan ulang dihadapan teman-temannya sebelum waktu yang telah dialokasikan berakhir.
                                                                                                      Jakarta, 1 Agustus 2019
Mengetahui
Kepala Sekolah SMAN 4                                                             Guru Mata Pelajaran


Drs. Hery Yanto                                                                           Nur Hasanah S.Pd
NIP. 196403031989021005                                                         NIP. 197810062014122001