RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Format RPP mengikuti Permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang Standar
Proses dan Permendikbud No. 24 Tahun 2016 tentang KI/KD
Nama satuan pendidikan :
SMA Negri 4 Jakarta
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris Peminatan
Kelas/semester :
X/1
Materi pokok : Chapter 2 – Keharusan
(should/ shouldn’t)
Program :
BAHASA
Alokasi waktu :
6 x 45 menit
Keharusan
(should/shouldn’t)
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
KI 4 : Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis,
mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang teori.
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator
|
1.1
Mensyukuri kesempatan dapat
mempelajari bahasa inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional.
|
1.1.1
Hadir pada setiap pembelajaran
Bahasa inggris.
1.1.2
Menggunakan bahasa inggris pada
setiap kesempatan.
|
2.1
Menunjukkan perilaku santun dalam
melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.2
Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi
transaksional dengan guru dan teman.
2.3 Menunjukkan
perilaku tanggung jawab, peduli, kerja sama, dan cinta damai, dalam
melaksanakan komunikasi fungsional.
|
2.1.1
Bersikap santun dengan
menyapa dan berpamitan guru dan teman
dengan menggunakan bahasa Inggris yang berterima.
2.2.1 Menjawab pertanyaan guru dan teman dengan jujur.
2.2.2 Menyerahkan tugas
tepat waktu.
2.3.1 Aktif dalam
mengerjakan tugas kelompok yang diberikan.
2.3.2 Menghargai pendapat/ide teman dalam tugas
kelompok.
|
KD
3.2
Menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan pada waktu yang
akan datang, saat ini, atau waktu lampau, sesuai dengan konteks
penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan should+(simple),
should+(continuous), should+(perfect))
|
3.2.1 Menyimak dan menirukan beberapa contoh percakapan ungkapan dan respon teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan pada waktu yang
akan datang, saat ini, atau waktu lampau, sesuai dengan konteks
penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan should+(simple), should+(continuous),
should+(perfect))yang diperagakan guru/rekaman, dengan ucapan dan tekanan
kata yang benar.
3.2.2 Menjawab
soal bentuk pilihan ganda untuk mengidentifikasi
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan
memberi dan meminta informasi terkait keharusan melakukan suatu
tindakan/kegiatan pada waktu yang akan datang, saat ini, atau waktu lampau,
sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan
should+(simple), should+(continuous), should+(perfect))
3.2.1
Menemukan perbedaan dari beberapa ungkapan dan
respon dari interaksi transaksional
lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi
terkait keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan pada waktu yang akan
datang, saat ini, atau waktu lampau, sesuai dengan konteks penggunaannya.
(Perhatikan unsur kebahasaan should+(simple), should+(continuous),
should+(perfect)) dengan melengkapi tabel analisis yang disediakan oleh guru.
|
KD
4.2
menyusun
teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan
pada waktu yang akan datang, saat ini, atau waktu lampau, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks
|
4.2.1 Membuat
kerangka teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait keharusan melakukan suatu
tindakan/kegiatan pada waktu yang akan datang, saat ini, atau waktu lampau,
sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan
should+(simple), should+(continuous), should+(perfect))
4.2.2 Menulis ungkapan ekspresi beserta respon dalam bentuk dialog interaksi transaksional yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait keharusan melakukan suatu
tindakan/kegiatan pada waktu yang akan datang, saat ini, atau waktu lampau,
sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan
unsur kebahasaan should+(simple), should+(continuous), should+(perfect))
4.2.3 Menulis ungkapan ekspresi beserta respon
dari interaksi transaksional dalam bentuk surat yang melibatkan tindakan
memberi dan meminta informasi terkait keharusan melakukan suatu
tindakan/kegiatan pada waktu yang akan datang, saat ini, atau waktu lampau,
sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan
should+(simple), should+(continuous), should+(perfect))
|
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran tentang keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan peserta didik diharapkan dapat:
•
Melengkapi jawaban soal esai untuk mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
beberapa ungkapan dan respon teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan pada waktu yang
akan datang, saat ini, atau waktu lampau, sesuai dengan konteks penggunaannya.
(Perhatikan unsur kebahasaan should+(simple), should+(continuous),
should+(perfect)) , yang
disediakan oleh guru.
•
Melengkapi jawaban soal esai untuk menemukan perbedaan dari beberapa ungkapan ekspresi dan respon dari interaksi transaksional lisan dan tulis
yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keharusan
melakukan suatu tindakan/kegiatan pada waktu yang akan datang, saat ini, atau
waktu lampau, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan should+(simple), should+(continuous),
should+(perfect))
•
Membuat kerangka teks ungkapan ekspresi dan respon dari interaksi transaksional lisan dan tulis
yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keharusan
melakukan suatu tindakan/kegiatan pada waktu yang akan datang, saat ini, atau
waktu lampau, sesuai dengan konteks penggunaannya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks.
•
Menulis dialog dan bentuk surat dalam interaksi
transaksional yang melibatkan tindakan
memberi dan meminta informasi terkait keharusan melakukan suatu
tindakan/kegiatan pada waktu yang akan datang, saat ini, atau waktu lampau,
sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan should+(simple), should+(continuous), should+(perfect)), dengan memerhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks untuk kemudian ditempel di dinding
kelas atau padlet
•
Mempresentasikan hasil analisis tentang perbedaan dari beberapa teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keharusan melakukan
suatu tindakan/kegiatan pada waktu yang akan datang, saat ini, atau waktu
lampau, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan
should+(simple), should+(continuous), should+(perfect) yang sedang dipelajari secara lisan,
dengan ucapan dan tekanan kata yang benar
secara
alami di dalam dan di luar kelas secara percaya diri, peduli, kerjasama dan
cinta damai, sehingga pada akhir pembelajaran siswa mendapat nilai diatas KKM
yaitu 75 (pengetahuan, keterampilan dan sikap)
Materi Pembelajaran
Konsep
·
Fungsi sosial
Menyarankan, mengingatkan, menyampaikan himbauan, mentaati
aturan, dsb.
Fakta
·
Struktur text
Dapat mencakup
-
Tindakan/peristiwa/ kegiatan.
-
Orang/benda yang terlibat.
-
Lingkup situasi.
(pada level kalimat)
-
Memberi informasi
-
meminta informasi
Prinsip
·
Unsur kebahasaan
-
Pernyataan dan pertanyaan terkait
dengan keharusan yang menggunakan:
-
should+(simple), should+(continuous),
should+(perfect))
-
Ucapan, tekanan kata, intonasi
-
Ejaan dan tanda baca
-
Tulisan tangan.
Prosedur
·
Topik
Perbuatan,
kegiatan, dan tindakan di sekolah, rumah, dan sekitarnya dan yang relevan
dengan kehidupan peserta didik sebagai remaja dan pelajar SMA, dengan
memberikan keteladanan tentang perilaku santun, gotong royong, peduli, jujur,
disiplin, percaya diri, kerjasama, dan bertanggung jawab.
Metode
pembelajaran:
Pendekatan : Saintifik.
Model
Pembelajaran : Think, Pair, and Share dan Project
Based Learning.
Metode : Diskusi, Penugasan, dan Presentasi.
Media/alat, Bahan, dan Sumber
Belajar
1.
Media/alat, Bahan Pembelajaran
a.
Media
LCD projector
b.
Laptop
c.
Bahan
Tayang
d.
LKPD
e.
Padlet
2.
Sumber Belajar:
a.
Kementerian
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa
Inggris kelas. X peminatan Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
b. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Buku siswa
Mata Pelajaran Bahasa Inggris kelas. X
peminatan Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Buku teks pelajaran yang relevan
c. Erlangga
2016. Buku Siswa edisi revisi Pathway to english untuk SMA/MA kelas X kurikulum
2013 yang disempurnakan kelompok peminatan
d. Video
PPT Should
e. Photo
f.
Padlet
https://padlet.com/nurhasanahfaqih88/buark3mlda97
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
Pendahuluan (10 Menit)
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam
pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran.
v Memeriksa kehadiran peserta didik
sebagai sikap disiplin.
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta
didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran dengan gerakan tarian “Should”: https://www.youtube.com/watch?v=uUh3NoO1evs”
Aperpepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya.
v Mengingatkan kembali materi prasyarat
dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
v Apabila materi tema/projek ini
kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh
ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan
tentang materi :
Ø teks khusus dalam bentuk teks caption terkait
gambar/foto/tabel/grafik/bagan.
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan yang berlangsung.
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung.
v Pembagian kelompok belajar.
v Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti (
95 Menit )
1.
Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian
pada topik materi ungkapan dan respon
berkaitan keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan pada waktu yang akan datang,
saat ini, atau waktu lampau, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan
unsur kebahasaan should+(simple), should+(continuous), should+(perfect)dengan cara :
v Melihat : Menayangkan
foto yang relevan.
v Mengamati:Pemberian contoh-contoh materi ungkapan dan respon berkaitan keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan.
v Menyimak :Penjelasan pengantar kegiatan secara
garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai ungkapan dan respon berkaitan keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan melalui
tayangan PPT.
2.
Data collection
(pengumpulan data)
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab
pertanyan yang telah diidentifikasi
melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian
Mengamati dengan seksama materi ungkapan dan respon berkaitan keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan yang sedang
dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan
mencoba menginterprestasikannya.
v Membaca sumber lain selain buku teks
Mencari dan membaca berbagai referensi
dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi ungkapan dan respon berkaitan keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan yang sedang
dipelajari.
v Tanya jawab dengan nara sumber
Mengajukan pertanyaan
berkaitan dengan materi ungkapan dan
respon berkaitan keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan yang telah
disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.
3.
Data processing
(pengolahan Data)
COLLABORATION (KERJASAMA)
dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok dan dalam kelompoknya
berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v Berdiskusi tentang data dari materi ungkapan dan respon berkaitan keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan
v Mengolah informasi dari materi ungkapan dan respon berkaitan keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan yang sudah
dikumpulkan dari hasil kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung
dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Saling tukar informasi tentang
materi ungkapan dan respon berkaitan keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh
sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal
dalam tabel mengenai materi ungkapan dan
respon berkaitan keharusan
melakukan suatu tindakan/kegiatan
·
Fungsi sosial ungkapan dan respon
berkaitan keharusan
melakukan suatu tindakan/kegiatan Struktur teks khusus dalam bentuk teks
caption terkait gambar/foto/tabel/grafik/bagan.
·
Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ungkapan dan respon berkaitan keharusan
melakukan suatu tindakan/kegiatan
·
Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan
dalam ungkapan dan respon berkaitan keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan
.
4. Verification
(pembuktian)
Peserta didik
mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan
data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan pengolahan informasi
yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber dengan berpikir induktif
serta deduktif dalam membuktikan tentang materi ungkapan dan respon berkaitan keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan. Peserta didik
dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dalam tabel yang telah
dikerjakan oleh peserta didik.
5. Problem
statemen (pertanyaan/identifikasi masalah)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·
Peserta didik
diberi kesempatan untuk menjawab beberapa pertanyaan dari buku paket dan mencari
jawabannya sebanyak mungkin yang berkaitan keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan
melalui kegiatan pengamatan, peserta didik mendapatkan informasi.
6. Generalization (menarik kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
·
Siswa
mempresentasikan jawaban berkaitan dengan keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan
di depan kelas dan peserta didik lainnya memberi komentar pada jawaban yang
telah mereka buat.
Kegiatan
Penutup (15 Menit)
Peserta didik :
v memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran:
·
Membuat resume dengan bimbingan guru tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi keharusan
melakukan suatu tindakan/kegiatan yang baru
dilakukan.
·
Mengerjakan evaluasi dalam bentuk pilihan ganda
melalui kertas atau online.
v menuliskan
permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk memuji dalam jurnal belajar
(learning journal):
·
For all of you, thank you very much for your
participation. You did a good job today,
I’m very happy with your performance. How about you, how do you feel to be in
my class? Please write your feeling, your problem and your success during my
class in your journal.
v menginformasikan
rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya:
·
Mengagendakan materi atau tugas produk unjuk kerja
yang harus dipelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran keharusan
melakukan suatu tindakan/kegiatan
v Peserta didik
yang selesai mengerjakan tugas produk
dengan benar diberi paraf untuk unjuk kerja pada materi pelajaran keharusan
melakukan suatu tindakan/kegiatan
v Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan
kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
Pertemuan 2
Kegiatan
Pendahuluan (10 Menit)
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam
pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran.
v Memeriksa kehadiran peserta didik
sebagai sikap disiplin.
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta
didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran dengan gerakan tarian “Should”: https://www.youtube.com/watch?v=uUh3NoO1evs”
Aperpepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya.
v Mengingatkan kembali materi prasyarat
dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
v Apabila materi tema/projek ini
kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh
ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan
tentang materi :
Ø teks khusus dalam bentuk teks caption terkait
gambar/foto/tabel/grafik/bagan.
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan yang berlangsung.
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung.
v Pembagian kelompok belajar.
v Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti (
95 Menit )
1.
Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian
pada topik materi ungkapan dan respon
berkaitan keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan pada waktu yang akan datang,
saat ini, atau waktu lampau, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan
unsur kebahasaan should+(simple), should+(continuous), should+(perfect)dengan cara :
v Melihat : Menayangkan
foto yang relevan.
v Mengamati:Pemberian contoh-contoh materi ungkapan dan respon berkaitan keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan.
v Menyimak :Penjelasan pengantar kegiatan secara
garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai ungkapan dan respon berkaitan keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan melalui
tayangan PPT.
2.
Data collection
(pengumpulan data)
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab
pertanyan yang telah diidentifikasi
melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian
Mengamati dengan seksama materi ungkapan dan respon berkaitan keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan yang sedang
dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan
mencoba menginterprestasikannya.
v Membaca sumber lain selain buku teks
Mencari dan membaca berbagai referensi
dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi ungkapan dan respon berkaitan keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan yang sedang
dipelajari.
v Tanya jawab dengan nara sumber
Mengajukan
pertanyaan berkaitan dengan materi ungkapan
dan respon berkaitan keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan yang telah
disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.
3.
Data processing
(pengolahan Data)
COLLABORATION (KERJASAMA)
dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok dan dalam kelompoknya
berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v Berdiskusi tentang data dari materi ungkapan dan respon berkaitan keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan
v Mengolah informasi dari materi ungkapan dan respon berkaitan keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan yang sudah
dikumpulkan dari hasil kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung
dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Saling tukar informasi tentang
materi ungkapan dan respon berkaitan keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh
sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal
dalam tabel mengenai materi ungkapan dan
respon berkaitan keharusan
melakukan suatu tindakan/kegiatan
·
Fungsi sosial ungkapan dan respon
berkaitan keharusan
melakukan suatu tindakan/kegiatan Struktur teks khusus dalam bentuk teks
caption terkait gambar/foto/tabel/grafik/bagan.
·
Kesesuaian format penulisan/
penyampaian ungkapan dan respon berkaitan keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan
·
Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan
dalam ungkapan dan respon berkaitan keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan
4. Verification
(pembuktian)
Peserta didik
mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan
data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan pengolahan informasi
yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber dengan berpikir induktif
serta deduktif dalam membuktikan tentang materi ungkapan dan respon berkaitan keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan. Peserta didik
dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dalam tabel yang telah
dikerjakan oleh peserta didik.
7. Problem
statemen (pertanyaan/identifikasi masalah)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik diberi kesempatan untuk memilih sebuah situasi dari buku
paketnya dan mengajukan sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan situasi
yang di pilih dan melalui kegiatan pengamatan, peserta didik mendapatkan
informasi tambahan untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
membuat dialog dan surat yang sudah di pilih.
8. Generalization (menarik kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
·
Siswa
menggunakan ungkapan dan respon dalam bentuk dialog berkait keharusan melakukan suatu
tindakan/kegiatan dalam konteks komunikasi yang wajar di dalam dan
di luar kelas, dalam bentuk padlet (https://padlet.com/nurhasanahfaqih88/buark3mlda97)
kertas dengan memperhatikan
fungsi sosial, ungkapan, dan unsur kebahasaan serta strategi yang benar dan
sesuai dengan konteks.
v Siswa mempresentasikan
dialog dan surat terkait situasi yang
sudah di pilih tersebut di depan kelas dan peserta didik lainnya memberi
komentar pada dialog dan surat yang telah mereka buat.
Kegiatan
Penutup (15 Menit)
Peserta didik :
v memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran:
·
Membuat resume
dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan
yang baru dilakukan.
·
Mengerjakan evaluasi dalam bentuk pilihan ganda
melalui kertas atau online.
v menuliskan
permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk memuji dalam jurnal belajar
(learning journal):
·
For all of you, thank you very much for your
participation. You did a good job today,
I’m very happy with your performance. How about you, how do you feel to be in
my class? Please write your feeling, your problem and your success during my
class in your journal.
v menginformasikan
rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya:
·
Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi
pelajaran teks khusus dalam bentuk teks caption terkait foto yang baru diselesaikan, dalam padlet. https://padlet.com/nurhasanahfaqih88/buark3mlda97
·
Mengagendakan materi atau tugas produk unjuk kerja
yang harus dipelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran ungkapan
dan respon terkait keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan
v Peserta didik
yang selesai mengerjakan tugas produk
dengan benar diberi paraf untuk unjuk kerja pada materi pelajaran ungkapan dan
respon terkait keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan
v Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran ungkapan dan respon terkait
keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
Penilaian Diri (aspek
kognitif/pengetahuan)
Jenis Penilaian : Bentuk tes tertulis ( LKPD, jurnal belajar)
Jenis Instrumen : Pilihan Ganda
Penilaian
Sejawat
Berupa komentar atau daftar cek
Program Tindak Lanjut
- Remedial
peserta didik yang belum mencapai KKM
diberi tugas untuk mengamati beberapa
foto dalam bentuk teks caption dan
menganalisa kembali struktur teks dan unsur kebahasaan teks caption. Akhirnya siswa melaksanakan test remedial tentang unsur kebahasaan teks
khusus dalam bentuk teks caption.
- Pengayaan
Bagi
peserta didik yang telah mencapai target pembelajaran dan mempunyai nilai KKM
atau lebih, diberi pengayaan berupa tugas mandiri untuk membuat teks caption
dan mempresentasikan ulang dihadapan teman-temannya sebelum waktu yang telah
dialokasikan berakhir.
Jakarta,
1 Agustus 2019
Mengetahui
Kepala
Sekolah SMAN 4 Guru Mata
Pelajaran
Drs.
Hery Yanto Nur
Hasanah S.Pd
NIP. 196403031989021005 NIP.
197810062014122001
12 Komentar
RPP nya berapa kali pertemuan ?
BalasHapusapakah semua tetcapai penilain nya .
terima kasih
Untuk kelas pemimatan ini.. 2x pertemuan..
BalasHapusRPP sudah dalam bentuk STEAM blm?
BalasHapusSudah lengkap..
Hapusbu itu model pembelajaran PBl kan ?
BalasHapusada proyek yah ?
bentuk protek ya apa ?
Proyeknya mengupload dialog di padlet dan siswa mampu menerapkannya dalam kegiatan sehari-hari. Kemudian di tuliskan dalam jurnal yang juga di publish di blog masing-masing
BalasHapusRPPnya lengkap sekali Bu Nur... Penilaian proyeknya bagaimana bu Nur?
BalasHapusAda rubriknya penilaiannya pak
HapusRPP nya lengkap sekali bu.
BalasHapusTrm ksh bu.. Oleh2 dr ppg.. Semoga bermanfaat..
HapusBagus sekali RPP nya Bu, boleh share juga yang kelas XI dan XII ? :)
BalasHapusAda bu.. D materi lainnya.. Cek aj ya..
Hapus