RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                            : SMA Negeri 27 Jakarta
Mata Pelajaran                 : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                 : XII/ 1
Materi Pokok                   : Caption text
Alokasi Waktu                 : 4 x 45 menit ( 2 pertemuan)

  1. Kompetensi Inti (KI)
KI 1
Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
KI 2
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1              Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional.

1.1.1      Hadir pada setiap pembelajaran Bahasa inggris.

1.1.2        Menggunakan bahasa inggris pada setiap kesempatan.
2.1              Menunjukkan perilaku santun dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.

2.2              Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.

2.3  Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerja sama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.


2.1.1        Bersikap santun dengan menyapa  dan berpamitan guru dan teman dengan menggunakan bahasa Inggris yang berterima.




2.2.1   Menjawab pertanyaan guru dan teman   dengan jujur.

2.2.2   Menyerahkan tugas tepat waktu.





2.3.1  Aktif dalam mengerjakan tugas kelompok yang diberikan.

2.3.2   Menghargai pendapat/ide teman dalam tugas kelompok.
KD 3.3
Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk teks caption, dengan memberi dan meminta informasi terkait gambar/foto/tabel/grafik/bagan, sesuai dengan konteks penggunaannya.



3.3.1        Melengkapi table analisis untuk mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk teks caption, dengan memberi dan meminta informasi terkait foto yang disediakan oleh guru.
3.3.2        Menemukan perbedaan dari beberapa teks khusus dalam bentuk teks caption, dengan memberi dan meminta informasi terkait foto dengan melengkapi tabel analisis dari foto caption yang disediakan oleh guru.

KD 4.3
Teks penyerta gambar (caption)

4.3.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan  teks khusus dalam bentuk caption terkait gambar/foto/tabel/grafik/bagan.

4.3.2 Menyusun teks khusus dalam bentuk teks caption terkait gambar/foto/tabel/grafik/bagan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks.










4.3.2.1 Membuat kerangka teks khusus pada caption foto  dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks.

4.3.2.2 Menulis teks khusus pada caption foto dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks.

C.    Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran tentang caption, peserta didik diharapkan dapat:
         Melengkapi table analisis untuk mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk teks caption, dengan memberi dan meminta informasi terkait foto yang disediakan oleh guru.
         Melengkapi table analisis untuk menemukan perbedaan dari beberapa teks khusus dalam bentuk teks caption
         Membuat kerangka teks khusus pada caption foto  dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks.
         Menulis teks khusus dalam bentuk teks caption terkait foto, dengan memerhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteksuntuk kemudian ditempel di dinding kelas
         Mempresentasikan hasil analisis tentang perbedaan dari beberapa teks khusus dalam bentuk teks caption, dengan memberi dan meminta informasi terkait yang sedang dipelajari secara lisan, dengan ucapan dan tekanan kata yang benar
secara alami di dalam dan di luar kelas secara percaya diri, peduli, kerjasama dan cinta damai, sehingga pada akhir pembelajaran siswa mendapat nilai diatas KKM yaitu 75 (pengetahuan, keterampilan dan sikap)

Materi Pembelajaran

Konsep
·   Fungsi sosial
Mendeskripsikan, mengomentari gambar, foto, tabel, grafik,bagan.

Fakta
·   Struktur text
Dapat mencakup
-   Tindakan/peristiwa/ kegiatan.
-   Orang/benda yang terlibat.
-   Lingkup situasi.

Prinsip
·   Unsur kebahasaan
-   Frasa nominal untuk benda, orang, binatang, lokasi, dsb. yang menjadi fokus, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.
-   Frasa verbal terkait  gambar/foto/tabel/grafik dalam tense yang sesuaiUcapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan.
-   Grammatically complete sentences: Subject – Verb - Object/Complement - Prepositional Phrases.
-   Simple Present Tense in the main sentence, Simple Past Tense in the following sentences.
-   Prepositional phrases to state the circumstances, mostly place and time.

Prosedur
·   Topik
Kegiatan, peristiwa, data, fakta aktual dari koranyang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dai KI.

Metode pembelajaran:
Pendekatan                 :  Saintifik.
Model Pembelajaran   :  Think, Pair, and Share dan  Project Based Learning.
Metode                        :  Diskusi, Penugasan, dan Presentasi.

Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar

1.                  Media/alat, Bahan Pembelajaran
a.                Media LCD projector
b.               Laptop
c.                Bahan Tayang
d.               LKPD
e.                Padlet

2.                     Sumber Belajar:

a.Kementerian Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris kelas. XII Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 

b.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Buku siswa Mata Pelajaran Bahasa Inggris kelas. XII Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Buku teks pelajaran yang relevan

Video PPT Caption
Photo Caption


Padlet

D.      Langkah-langkah Pembelajaran
PERTEMUAN KE- 1
Tahap
Langkah-langkah Pembelajaran
Alokasi waktu


Pendahuluan
(Rasa ingin tahu)
1.      Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan berdoa.
2.      Peserta didik merespon pertanyaan dari pendidik berhubungan dengan  pembelajaran sebelumnya, di kelas XI.
3.      Peserta didik menerima informasi dengan proaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.      Peserta didik menerima informasi tentang yang akan dipelajari  khususnya tentang teks khusus dalam bentuk teks caption terkait gambar/foto/tabel/grafik/bagan.
15 menit



Inti
(Literasi)
DISCOVERY LEARNING
1.  Stimulation (pemberian rangsangan)
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi teks khusus dalam bentuk teks caption terkait foto dengan cara :
v Melihat     : Menayangkan foto yang relevan.
v Mengamati:Pemberian contoh-contoh materi teks khusus dalam bentuk teks caption terkait foto.
v Menyimak :Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi teks khusus dalam bentuk teks caption terkait foto untuk mencari informasi melalui tayangan PPT..
2.    Problem statement (identifikasi masalah)
Peserta didik diberi kesempatan untuk memilih sebuah foto dari cell phone nya dan mengajukan sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang di pilih dan melalui kegiatan pengamatan, peserta didik mendapatkan informasi tambahan untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan membuat teks caption dari foto yang sudah di pilih.Data collection (Pengumpulan Data)
·      Peserta didik  dalam kelompok mengumpulkan informasi melalui telaah informasi dalam teks artikel opini.
·      Peserta didik  dalam kelompok mengumpulkan informasi melalui telaah kalimat fakta dan opini beberapa teks artikel.

3.     Data Processing (Pengolahan Data)
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan pada tabel yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian
Mengamati dengan seksama materi teks khusus dalam bentuk teks caption terkait foto yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
v Membaca sumber lain selain buku teks
Mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi teks khusus dalam bentuk teks caption terkait foto yang sedang dipelajari.
v Tanya jawab dengan nara sumber
Mengajukan pertanyaan berkaitan dengan materi teks khusus dalam bentuk teks caption terkait foto yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.
5.   Verification (Pemeriksaan data)
·      Peserta didik menyimpulkan hasil diskusi tentang teks khusus dalam bentuk teks caption terkait foto.
·      Peserta didik menyimpulkan hasil diskusi tentang teks khusus dalam bentuk teks caption terkait foto.
60      enit






Penutup

Kegiatan guru bersama peserta didik yaitu:
1.    membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
2.    melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan; dan
3.    memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
4.    menutup pembelajaran dengan ucapan salam.

Kegiatan guru yaitu:
1.    melakukan penilaian;
2.    merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas  kelompok; dan
3.    menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
15 menit






PERTEMUAN KE- 2
Tahap
Langkah-langkah Pembelajaran
Alokasi waktu



 Pendahuluan
(Rasa ingin tahu)
1.      Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan berdoa.
2.      Peserta didik merespon pertanyaan dari pendidik berhubungan dengan  pembelajaran sebelumnya, di kelas XI.
3.      Peserta didik menerima informasi dengan proaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.      Peserta didik menerima informasi tentang yang akan dipelajari  khususnya tentang teks khusus dalam bentuk teks caption terkait gambar/foto/tabel/grafik/bagan.
15 menit



                                             Inti
(Literasi)
DISCOVERY LEARNING
 Stimulation (pemberian rangsangan)
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi teks khusus dalam bentuk teks caption terkait foto dengan cara :
v Melihat     : Menayangkan foto yang relevan.
v Mengamati:Pemberian contoh-contoh materi teks khusus dalam bentuk teks caption terkait foto.
v Menyimak :Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi teks khusus dalam bentuk teks caption terkait foto untuk mencari informasi melalui tayangan PPT..
Problem statement (identifikasi masalah)
Peserta didik diberi kesempatan untuk memilih sebuah foto dari cell phone nya dan mengajukan sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang di pilih dan melalui kegiatan pengamatan, peserta didik mendapatkan informasi tambahan untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan membuat teks caption dari foto yang sudah di pilih.Data collection (Pengumpulan Data)
·      Peserta didik  dalam kelompok mengumpulkan informasi melalui telaah informasi dalam teks artikel opini.
·      Peserta didik  dalam kelompok mengumpulkan informasi melalui telaah kalimat fakta dan opini beberapa teks artikel.

Data Processing (Pengolahan Data)
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan pada tabel yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian
Mengamati dengan seksama materi teks khusus dalam bentuk teks caption terkait foto yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
v Membaca sumber lain selain buku teks
Mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi teks khusus dalam bentuk teks caption terkait foto yang sedang dipelajari.
v Tanya jawab dengan nara sumber
Mengajukan pertanyaan berkaitan dengan materi teks khusus dalam bentuk teks caption terkait foto yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.
5.   Verification (Pemeriksaan data)
·      Peserta didik menyimpulkan hasil diskusi tentang teks khusus dalam bentuk teks caption terkait foto.
·      Peserta didik menyimpulkan hasil diskusi tentang teks khusus dalam bentuk teks caption terkait foto.
60 menit
                        Penutup

Kegiatan guru bersama peserta didik yaitu:
1.      membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
2.      melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan; dan
3.      memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
4.      menutup pembelajaran dengan ucapan salam.

Kegiatan guru yaitu:
1.      melakukan penilaian;
2.      merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas  kelompok; dan
3.      menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
15 menit






Penilaian Diri (aspek kognitif/pengetahuan)
Jenis Penilaian       : Bentuk tes tertulis ( LKPD,  jurnal belajar)
Jenis Instrumen     : Pilihan Ganda

Penilaian Sejawat
Berupa komentar atau daftar cek
Program Tindak Lanjut
  1. Remedial
peserta didik yang belum mencapai KKM diberi tugas untuk mengamati  beberapa foto  dalam bentuk teks caption dan menganalisa kembali struktur teks dan unsur kebahasaan  teks caption. Akhirnya siswa melaksanakan  test remedial tentang unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk teks caption.

  1. Pengayaan
Bagi peserta didik yang telah mencapai target pembelajaran dan mempunyai nilai KKM atau lebih, diberi pengayaan berupa tugas mandiri untuk membuat teks caption dan mempresentasikan ulang dihadapan teman-temannya sebelum waktu yang telah dialokasikan berakhir.
                                                                                                      Jakarta, 22 Juni 2019
Mengetahui
Kepala Sekolah SMAN 27                                                           Guru Mata Pelajaran


Tantin Indartini S.Pd, MM                                                           Nur Hasanah S.Pd
NIP 196706211994032004                                                          NIP 19780062014122001















Quiz