Komik Pendidikan

Seamolec, 25-27 okt 2019





MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK
TOPIK “Penilaian Keterampilan Bahasa Inggris”
Oleh : Nur Hasanah

Target Pembaca: siswa sman 27 jakarta

Tujuan Pembelajaran: memahami penilaian keterampilan dalam pelajaran Bahasa Inggris

Nama Tokoh: Sri, Nadia, dan, Lina 

Sinopsis / Deskripsi
suatu siang, Sri dan Nadia duduk dalam keadaan bingung di perpustakaan. Lina, teman sekelasnya datang dan bertanya pada Sri dan Nadia . Sri dan Nadia megutarakan kebingungannya dalam menyelesaikan tugas-tugas yang di berikan guru bahasa inggrisnya dan penilaian apa saja yang di ambil untuk mendapatkan nilai yang maksimal. Lina menerangkan penilaian apa saja  yang akan di ambil oleh guru bahasa inggris mereka, selain nilai pengetahuan, ada juga nilai keterampilan. Sri dan Nadia bertanya tentang tugas yng diberikan pada penilaian keterampilan. Lina menunjukkan alamat link you tube: https://www.youtube.com/watch?v=wm6km0q8dSI dari guru mereka yang menjelaskan tentang bagaimana penilaian keterampilan di ambil. Sri dan Nadia pun menjadi mengerti dan semakin bersemangat untuk mengerjakan tugasnya dan ingin mendapat nilai yang maksimal.
Panel
(Slide)
Storyline
 (Alur Cerita)
Tokoh 
(Karakter 
Aset Visual 
(Dialog & Foto)
Keterangan / Narasi
1. 
Sri sedang duduk sendiri termenung kebingungan 
Sri
Dialog:
Sri 

Aset Visual:
Foto 1 Tokoh di ruang perpustakaan 

Tipe Pengambilan Gambar/Angle:
Medium shot 
Duduk sendiri
2.
Nadia datang menghampiri sri, mereka sama2 bingung  
Nadia dan sri 
Dialog:
 Nadia “ Kamu ngerti nggak ? ”.

Aset Visual:
Foto 2 tokoh Nadia dan sri  bingung

Tipe Pengambilan Gambar/Angle:
Medium shot

3. 
Lina datang menanyakan masalah yang sedang dihadapi sri dan nadia 
Lina 
Dialog:
Lina: “hai sri, hai nadia”

Aset Visual: 
Foto 1 tokoh 

Tipe Pengambilan Gambar/Angle:
Short shot

3. 
Lina menyapa sri dan nadia yang sedang kebingungan 
Lina, sri, dan nadia 
Dialog:
Lina : “ hai”

Aset Visual: 
Foto 1 tokoh berdialog

Tipe Pengambilan Gambar/Angle:
Medium shot 

4
Lina menanyakan sri dan nadia 
Lina, sri, dan nadia
Dialog:
Lina : “lagi ngapain nih ?”

Aset Visual: 
Foto 3 tokoh berdialog

Tipe Pengambilan Gambar/Angle:
Medium shot

5
Sri menjelaskan kebingungannya dalam mengerjakan tugas bahasa inggris yang  banyak 
Sri dan lina
Dialog:
Sri  :” ahh untung kamu datang. kita lagi bingung. mau ngerjain tugas banyak banget, gimana ya?"

Aset Visual: 
Foto 2 tokoh berdialog

Tipe Pengambilan Gambar/Angle:
Medium shot

6
Sri dan nadia mengutarakan kesulitan mereka dalam mengerjakan tugas- tugas nya 
Lina, nadia, sri 
Dialog:
Nadia  :” iya kamu kan tau ada presentasi, berita, latihan, synopsis. jadi bingung gimana penilaiannya ya??"

Aset Visual: 
Foto 3 tokoh berdialog

Tipe Pengambilan Gambar/Angle:
Medium shot

7
Lina menjelaskan tentang penilaian yang di ambil oleh guru bahasa inggris mereka 
Lina, nadia, sri 
Dialog:
Lina   :” begini sri dan nadia, dalam pelajaran bahasa inggris ada dua penilaian" 
 Lina : penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan."

Aset Visual: 
Foto 3 tokoh berdialog

Tipe Pengambilan Gambar/Angle:
Medium shot

8
Lina menjelaskan tentang penilaian yang di ambil oleh guru bahasa inggris mereka
Lina dan nadia
Dialog:
Lina   :” dalam penilaian keterampilan Ms. nur mengambil dua penilaian 
 Lina : penilaian presentasi dan jurnal harian”.

Nadia: “ terus gimana kami bisa dapat nilai yang maksimal dalam penilaian keterampilan ya?” 

Aset Visual: 
Foto 2 tokoh berdialog

Tipe Pengambilan Gambar/Angle:
Medium shot

9
Lina Menjelaskan cara mendapatkan penilaian keterampilan yang maksimal 
Lina, sri, nadia 
Dialog:
Lina   :” dalam penilaian presentasi, kamu harus mengikuti urutan presentasi, harus ada opening, video, materi, kuis/games, short movie, dan closing"
 Lina :"dalam penilaian jurnal harian, kamu harus menuliskan berita mingguan, latihan, dan sinopsis dari short movie”.

Aset Visual: 
Foto 3 tokoh berdialog

Tipe Pengambilan Gambar/Angle:
Medium shot

10
Lina menunjukkan video youtube untuk memperjelas 
Lina 
Dialog:
Lina   “ Ms Nur sudah men share alamat youtube nya supaya kita lebih memahami penilaian bahasa inggris yang di ambil."

Aset Visual: 
Foto 1 tokoh berdialog

Tipe Pengambilan Gambar/Angle:
Short shot

11
Lina mengajak sri dan nadia untu menonton link youtube bersama-sama 
Lina, Sri, Nadia 
Dialog:
Lina   “Nih aku tunjukkan ya, kita nonton aja bareng supaya lebih jelas. ini di https://youtube/wm6kmoq8dSI"

Aset Visual: 
Foto 3 tokoh berdialog

Tipe Pengambilan Gambar/Angle:
Short shot

12
Sri memahami penjelasan Lina 
Sri dan Lina 
Dialog:
Sri   “ ooo gitu ya"

Aset Visual: 
Foto 2 tokoh berdialog

Tipe Pengambilan Gambar/Angle:
Short shot

13
Lina bertanya untuk mengonfirmasi  
Lina 
Dialog:
Lina :   “ gimana sri dan nadia? kalian sudah mengerti kan, tugas-tugas apa saja yang harus dilakukan untuk mendapat nilai keterampilan bahasa inggris yang maksimal"  

Aset Visual: 
Foto 1 tokoh berdialog

Tipe Pengambilan Gambar/Angle:
Short shot

14
Sri senang sudah mengerti penjelasan lina 
Sri 
Dialog:
Sri :   “ ya… kami sudah mengerti. presentasi harus berurutan opening, berita, materi, video, games/ kuis , short movie dan closing".

Sri :" untuk jurnal harian, kami menulis berita, latihan, dan, sinopsis".

Aset Visual: 
Foto 1 tokoh berdialog

Tipe Pengambilan Gambar/Angle:
Medium shot

15
Nadia senang sudah tidak bingung Lagi 
Nadia 
Dialog:
Nadia : "Yess !!! sekarang jadi semangat deh"


Aset Visual: 
Foto 1 tokoh berdialog

Tipe Pengambilan Gambar/Angle:
Long shot



Link you tube:

Pelaksanaan di kelas:

1. Opening/closing


2. Presentasi



3. Short movie


4. Jurnal Harian