Assalamualaikum..

I would like to share lesson plan for grade 11 abaout suggestions and offers.
<iframe src="https://drive.google.com/file/d/0BwFdD5FC4TZBLVNPaS1UbUxRdlU/preview" width="640" height="480"></iframe>




href="">
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Format RPP mengikuti Permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses dan Permendikbud No. 24 Tahun 2016 tentang KI/KD

Nama satuan pendidikan     : SMA Negri 27 Jakarta
Mata Pelajaran                     : Bahasa Inggris
Kelas/semester                      : XI/3
Materi pokok                        : Chapter 1 - Teks lisan dan tulis sederhana untuk Giving Suggestions and Offers
Program                                : IPA-IPS
Alokasi waktu                       : 2 x 45 menit


GIVING ADVICE/SUGGESTIONS AND OFFERS
Kompetensi Inti

KI 1           :           Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.

KI 2       :          Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

KI 3         :           Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

KI 4      :           Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator
1.1              Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional.
1.1.1        Hadir pada setiap pembelajaran Bahasa inggris.
1.1.2        Menggunakan bahasa inggris pada setiap kesempatan.
2.1               Menunjukkan perilaku santun dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerja sama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
2.1.1        Bersikap santun dengan menyapa  dan berpamitan guru dan teman dengan menggunakan bahasa Inggris yang berterima.

2.2.1   Menjawab pertanyaan guru dan teman   dengan jujur.
2.2.2   Menyerahkan tugas tepat waktu.

2.3.1  Aktif dalam mengerjakan tugas kelompok yang diberikan.
2.3.2    Menghargai pendapat/ide teman dalam tugas kelompok.
KD 3.1
Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan should, can).


3.1.1        Menyebutkan fungsi sosial ungkapan-ungkapan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran setelah  menyimak dan menirukan beberapa contoh percakapan yang diperagakan guru/rekaman, dengan ucapan dan tekanan kata yang benar sesuai dengan konteks penggunannya.
3.1.2        Menyebutkan struktur teks dari ungkapan-ungkapan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran setelah  menyimak dan menirukan beberapa contoh percakapan yang diperagakan guru/rekaman, dengan ucapan dan tekanan kata yang benar sesuai dengan konteks penggunannya.
3.1.3        Menyebutkan unsur kebahasaan dari ungkapan-ungkapan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran setelah  menyimak dan menirukan beberapa contoh percakapan yang diperagakan guru/rekaman, dengan ucapan dan tekanan kata yang benar sesuai dengan konteks penggunannya.
KD 4.1
Menyusun teks interaksi transaksional, lisan dan tulis, pendek dan sederhana, yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks kebahasaan should, can).

4.1.1        Menulis ungkapan yang tepat secara lisan/tulis dari berbagai situasi lain untuk menganalisis fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan dari ungkapan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.1.2        Mempresentasikan pembiasakan berdialog dalam menerapkan ungkapan yang sedang dipelajari, memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran sesuai dengan konteks penggunaannya dalam interaksi dengan guru dan teman secara alami di dalam dan di luar kelas dalam bentuk rekaman video.

Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran ungkapan-ungkapan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran, peserta didik diharapkan mendapat nilai diatas KKM yaitu 75 (pengetahuan, keterampilan dan sikap) secara percaya diri, peduli, dan kerjasama dalam:
         Mengucapkan ungkapan-ungkapan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran yang diperagakan guru/rekaman, dengan ucapan dan tekanan kata serta pemenggalan kata (chunking) yang benar dalam mengidentifikasi perbedaan cara pengungkapan dari masing-masing konteks.
         Menemukan beberapa ungkapan ungkapan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran dengan cara menggaris bawahi.
         Menuliskan percakapan tentang ungkapan yang tepat secara lisan/tulis dari berbagai situasi lain yang serupa setelah memahami unsur kebahasaan dari ungkapan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran secara jujur, disiplin dan bertanggung jawab.
         Menganalisis fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan dari ungkapan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran sesuai dengan konteks penggunaannya sesuai dengan percakapan/dialog yang sudah siswa buat.

         Mempresentasikan pembiasakan menerapkan ungkapan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran  yang sedang dipelajari dalam interaksi dengan guru dan teman secara alami di dalam dan di luar kelas dalam bentuk video.

Materi Pembelajaran

Konsep
       Fungsi Sosial
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman, dan orang lain.
Fakta
       Struktur Teks
-   Memulai.
-   Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan).

Prinsip
       Unsur Kebahasaan
-   Ungkapan yang menunjukkan saran dan tawaran, dengan modal should dan can.
-   Nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.
-   Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan.
Suggestion
Making Suggestions
Accepting Suggestions
Declining Suggestions
Let’s go to the movie.
Yes, let’s go.
No, thank you, I do not feel like going.
Why don’t  you do your homework before going out?
Ok, I will.
Sorry, I think I will go out first and then do my homework.
How about going to Sam’s place first and then to the supermarket?
Yes, let’s go. It is a good idea.
No, let’s just go to the supermarket.
I think you should go and meet her.
Ok, if you say.
Sorry, I can’t I have previous engagement.
Let’s call it a day.
Let’s.
No, let’s stay for a while.

Offer
Making offers
Accepting suggestions
Declining suggestions
Can I help you?
Yes, please.
I really appreciate it.
It’s okay, I can do it myself.
Shall I bring you some tea?
Thank you, it is very kind of you.
No, thank you.
Would you like another helping of cake?
Yes, please, that would be lovely.
No, thanks. I don’t want another helping.
How about I help you with this?
Yes, please, that would be very kind of you.
Don’t worry, I will do it myself.
Can I take you home?
Thank you, I appreciate your help.
That’s alright, I will manage on my own.

Prosedur
       Topik
Situasi yang memungkinkan pemberian saran dan tawaran melakukan tindakan yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI.

Metode pembelajaran:
Pendekatan                  : Scientific.
Model Pembelajaran    :  Project Based Learning.
Metode                         :  Think, Pair, and Share (Diskusi, Penugasan), dan Role play.

Media Pembelajaran :

a.      TEXT MEDIA                    : buku cetak/  buku digital
        Kementerian Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris kelas. XI Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
       Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku siswa Mata Pelajaran Bahasa Inggris kelas. XI Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
       Buku teks pelajaran yang relevan.

b.      VISUAL MEDIA               : gambar dan teks (terlampir di halaman selanjutnya).
c.       MOTION MEDIA              : video
        PPT suggestions and offers
        https://www.youtube.com/watch?v=KUVBJOqt2c0  
        BY: Nur Hasanah in my you tube channel using POWTOON.
d.      PEOPLE IN MEDIA             : guru dan siswa.
e.      MANIPULATIVE MEDIA   : kalimat ekspresi dan respon.
f.        MULTIMEDIA                     : kombinasi dari semua media yang ada (LKPD)
                                                        Evaluasi https://forms.gle/mKz3X1n9ZfPwH3bQ8

Sumber/ referensi

a.      buku cetak/ buku digital.
0in; mso-border-shadow: yes; mso-list: l8 level2 lfo4; mso-padding-alt: 31.0pt 31.0pt 31.0pt 31.0pt; text-align: justify; text-indent: -.25in;"> b.      video  PPT suggestions and offers.
  BY: Nur Hasanah in my you tube channel using POWTOON.
c.       SUGGESTIONS and OFFERING: 
d.      SUGGESTIONS and OFFERING: