I would like to share lesson plan for grade 11 abaout suggestions and offers.
<iframe src="https://drive.google.com/file/d/0BwFdD5FC4TZBLVNPaS1UbUxRdlU/preview" width="640" height="480"></iframe>
<iframe src="https://drive.google.com/file/d/0BwFdD5FC4TZBLVNPaS1UbUxRdlU/preview" width="640" height="480"></iframe>
href="">
0in; mso-border-shadow: yes; mso-list: l8 level2 lfo4; mso-padding-alt: 31.0pt 31.0pt 31.0pt 31.0pt; text-align: justify; text-indent: -.25in;">
b.
video PPT suggestions and offers.
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Format
RPP mengikuti Permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses dan
Permendikbud No. 24 Tahun 2016 tentang KI/KD
Nama
satuan pendidikan : SMA Negri 27
Jakarta
Mata
Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/semester : XI/3
Materi pokok : Chapter 1 - Teks
lisan dan tulis sederhana untuk Giving Suggestions and Offers
Program : IPA-IPS
Alokasi
waktu : 2 x 45
menit
GIVING ADVICE/SUGGESTIONS AND OFFERS
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Menunjukkan keterampilan menalar,
mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif,
dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
Kompetensi Dasar dan
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator
|
1.1
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa inggris sebagai bahasa
pengantar komunikasi internasional.
|
1.1.1
Hadir pada setiap pembelajaran Bahasa inggris.
1.1.2
Menggunakan bahasa inggris pada setiap kesempatan.
|
2.1
Menunjukkan
perilaku santun dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan
teman.
2.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan
bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan
teman.
2.3 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerja
sama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
|
2.1.1
Bersikap santun dengan menyapa
dan berpamitan guru dan teman dengan menggunakan bahasa Inggris yang
berterima.
2.2.1 Menjawab
pertanyaan guru dan teman dengan
jujur.
2.2.2 Menyerahkan
tugas tepat waktu.
2.3.1 Aktif dalam
mengerjakan tugas kelompok yang diberikan.
2.3.2 Menghargai
pendapat/ide teman dalam tugas kelompok.
|
KD 3.1
Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran, sesuai
dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan should, can).
|
3.1.1
Menyebutkan fungsi sosial ungkapan-ungkapan memberi dan meminta informasi
terkait saran dan tawaran setelah
menyimak dan menirukan beberapa contoh percakapan yang diperagakan
guru/rekaman, dengan ucapan dan tekanan kata yang benar sesuai dengan konteks
penggunannya.
3.1.2
Menyebutkan struktur teks dari ungkapan-ungkapan memberi dan meminta
informasi terkait saran dan tawaran setelah
menyimak dan menirukan beberapa contoh percakapan yang diperagakan
guru/rekaman, dengan ucapan dan tekanan kata yang benar sesuai dengan konteks
penggunannya.
3.1.3
Menyebutkan unsur kebahasaan dari ungkapan-ungkapan memberi dan meminta
informasi terkait saran dan tawaran setelah
menyimak dan menirukan beberapa contoh percakapan yang diperagakan
guru/rekaman, dengan ucapan dan tekanan kata yang benar sesuai dengan konteks
penggunannya.
|
KD 4.1
Menyusun teks interaksi transaksional, lisan dan tulis,
pendek dan sederhana, yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi
terkait saran dan tawaran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks kebahasaan should, can).
|
4.1.1
Menulis ungkapan yang tepat secara lisan/tulis dari berbagai situasi
lain untuk menganalisis fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan
dari ungkapan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran sesuai
dengan konteks penggunaannya.
4.1.2
Mempresentasikan pembiasakan berdialog dalam menerapkan ungkapan yang
sedang dipelajari, memberi
dan meminta informasi terkait saran dan tawaran sesuai dengan konteks
penggunaannya dalam interaksi dengan guru dan teman secara alami di dalam dan
di luar kelas dalam bentuk rekaman video.
|
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran ungkapan-ungkapan
memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran, peserta didik
diharapkan mendapat nilai diatas KKM yaitu 75 (pengetahuan, keterampilan dan
sikap) secara percaya diri, peduli, dan kerjasama dalam:
•
Mengucapkan
ungkapan-ungkapan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran yang
diperagakan guru/rekaman, dengan ucapan dan tekanan kata serta pemenggalan kata
(chunking) yang benar dalam mengidentifikasi perbedaan cara pengungkapan dari
masing-masing konteks.
•
Menemukan beberapa ungkapan ungkapan memberi dan
meminta informasi terkait saran dan tawaran dengan cara menggaris bawahi.
•
Menuliskan
percakapan tentang ungkapan yang tepat secara lisan/tulis dari berbagai situasi
lain yang serupa setelah memahami unsur kebahasaan dari ungkapan memberi dan
meminta informasi terkait saran dan tawaran secara jujur, disiplin dan
bertanggung jawab.
•
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan
dari ungkapan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran sesuai
dengan konteks penggunaannya sesuai dengan percakapan/dialog yang sudah siswa
buat.
•
Mempresentasikan pembiasakan menerapkan ungkapan memberi dan
meminta informasi terkait saran dan tawaran
yang sedang dipelajari dalam interaksi dengan guru dan teman secara
alami di dalam dan di luar kelas dalam bentuk video.
Materi Pembelajaran
Konsep
●
Fungsi Sosial
Menjaga hubungan
interpersonal dengan guru, teman, dan orang lain.
Fakta
●
Struktur
Teks
-
Memulai.
-
Menanggapi
(diharapkan/di luar dugaan).
Prinsip
● Unsur Kebahasaan
-
Ungkapan yang
menunjukkan saran dan tawaran, dengan modal should
dan can.
-
Nomina singular
dan plural dengan atau tanpa a, the,
this, those, my, their, dsb.
-
Ucapan, tekanan
kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan.
Suggestion
Making Suggestions
|
Accepting Suggestions
|
Declining Suggestions
|
Let’s go to the movie.
|
Yes, let’s go.
|
No, thank you, I do not feel like going.
|
Why don’t you do your homework before going out?
|
Ok, I will.
|
Sorry, I think I will go out first and then do my homework.
|
How about going to Sam’s place first and then to the
supermarket?
|
Yes, let’s go. It is a good idea.
|
No, let’s just go to the supermarket.
|
I think you should go and meet her.
|
Ok, if you say.
|
Sorry, I can’t I have previous engagement.
|
Let’s call it a day.
|
Let’s.
|
No, let’s stay for a while.
|
Offer
Making offers
|
Accepting suggestions
|
Declining suggestions
|
Can I help you?
|
Yes, please.
I really appreciate it.
|
It’s okay, I can do it myself.
|
Shall I bring you some tea?
|
Thank you, it is very kind of you.
|
No, thank you.
|
Would you like another helping of cake?
|
Yes, please, that would be lovely.
|
No, thanks. I don’t want another helping.
|
How about I help you with this?
|
Yes, please, that would be very kind of you.
|
Don’t worry, I will do it myself.
|
Can I take you home?
|
Thank you, I appreciate your help.
|
That’s alright, I will manage on my own.
|
Prosedur
●
Topik
Situasi yang memungkinkan
pemberian saran dan tawaran melakukan tindakan yang dapat menumbuhkan perilaku
yang termuat di KI.
Metode pembelajaran:
Pendekatan : Scientific.
Model Pembelajaran :
Project Based Learning.
Metode :
Think, Pair, and Share
(Diskusi, Penugasan), dan Role play.
Media Pembelajaran :
a. TEXT MEDIA : buku cetak/
buku digital
●
Kementerian Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris kelas.
XI Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan.
●
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku siswa
Mata Pelajaran Bahasa Inggris kelas. XI Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
●
Buku teks pelajaran yang relevan.
b. VISUAL MEDIA : gambar dan teks (terlampir di halaman selanjutnya).
c. MOTION MEDIA : video
PPT suggestions and offers
https://www.youtube.com/watch?v=KUVBJOqt2c0
BY: Nur Hasanah in my you tube channel using POWTOON.
PPT suggestions and offers
https://www.youtube.com/watch?v=KUVBJOqt2c0
BY: Nur Hasanah in my you tube channel using POWTOON.
d. PEOPLE IN MEDIA : guru dan siswa.
e. MANIPULATIVE MEDIA : kalimat ekspresi dan respon.
f.
MULTIMEDIA : kombinasi dari
semua media yang ada (LKPD)
Evaluasi https://forms.gle/mKz3X1n9ZfPwH3bQ8
Sumber/ referensi
a. buku cetak/ buku digital.
BY: Nur
Hasanah in my you tube channel using POWTOON.
c. SUGGESTIONS and OFFERING:
d. SUGGESTIONS and OFFERING:
4 Komentar
Tes.. Komen
BalasHapusKeren.. semangat semangat
BalasHapusAwesome Ibu ��������
BalasHapusTrm ksh bu.. Buat rpp sesuai STEAM ya bu..
BalasHapus